Undip Sabet Juara Umum Medical Online Championship 2020



Medical Online Championship (MOC) 2020 diselenggarakan secara online. Acara bergengsi di bidang kedokteran tersebut diikuti oleh 60 tim yang terdiri dari 120 peserta berlaga pada babak semifinal yang terdiri dari 57 institusi atau perguran tinggi yang ada di bawah Kemendikbud. Bidang keilmuan kedokteran yang ada di MOC, yakni Infectious Disease, Neuropsychiatry, Cardiorespiratory, Digestive, Genitourinary, dan Musculoskeletal.

 

Tahapan seleksi Medical Onlie Championship ada 3 : Tahap ke-1 (Tahap prelimenary ) yaitu seleksi awal yang diikuti seluruh peserta, Tahap ke-2 (Tahap Seminal) yang diikuti oleh 10 kelompok dari tiap-tiap bidang yang lolos pada seleksi awal. Pada tahap kedua ini terdiri dari  Essay dan Video Submission serta babak Impromptu Presentation. Tapap ke-3 (Final) merupakan tahapan terakhir yang terdiri dari dua babak. MOC terdiri dari 6 bidang yaitu :



Pada ajang MOC 2020 Undip berhasil meraih tiga emas dan dua perak sekaligus menyabet juara umum. Undip menjadi juara dengan prestasi dalam perlombaan di bidang :

1. Neuropsychiatry (gangguan jiwa yang diakibatkan penyakit dalam sistem saraf), juara pertama diraih Iskandar Hermanto dan Maulidina Amalia Putri asal Universitas Diponegoro,

2. Cardiorespiratory (perpaduan dari cardiovascular dan respirasi. Cardiovascular adalah hal yang berhubungan dengan denyut jantung dan denyut nadi, sedangkan respirasi adalah pertukaran oksigen dan karbon dioksida).Undip meraih posisi kedua ditempati oleh Muhammad Mufaiduddin dan Vito Etenio Ade Laryan.

3. Digestive (pencernaan), Undip menyabet Juara kedua, oleh Dominikus Evano Putra dan Bernadetha Kusuma Kris Firmantya Tei Saran.

4. Genitourinary (terdiri dari sistem urinarius dan sistem genitalia.), menempati posisi pertama oleh Josephine Fiona Sucahyo dan Vania Verina Himawan.

5. Musculoskeletal (otot dan tulang), meriah  juara satu yaitu Damianus Galih Panunggal dan Harold Jefferson Matthew Charlex.

 

Dosen Fakultas Kedokteran Undip, Maulidina juga mengucap syukur atas keberhasilan universitasnya menjadi juara umum pada MOC. Terlebih, ini adalah kali pertama ajang MOC diselenggarakan. "Dengan total raihan tiga emas dan dua perak kami mewakili fakultas kedokteran berterima kasih kepada panitia penyelenggara dan kepada pembimbing yang membantu anak-anak menyiapkan lomba sehingga mereka bisa meraih yang terbaik," ucap Maulidina.

0 komentar:

Posting Komentar